Pages

Sabtu, 17 Maret 2012

cara memperbaiki kerusakan Baseband pada Ponsel e

a. Memperbaiki.Tombol dan Jalur ON-Off
seluruh jenis ponsel memiliki tombol on/off yang befungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ponsel. tombol on/off berupa tombol mekanik yang terpatri pada PCB yang diselubungi karet pada bagian casing ponsel.

kerusakan yang sering terjadi pada tombol on/off sebagai berikut :
1 tombol patah
kerusakan seperti ini biasanya disebabkan posisi selubung karet yang tidak sesuai. sehingga, saat pengguna sering menekan secara paksa dan akhirnya kondisi seperti ini menyebabkan tombol tekan patah.

2. tombol terlepas dari PCB
penyebabnya biasanya hampir sama, yaitu karena terlalu keras menekan tombol. selain itu bisa juga disebabkan patrian timah pada kaki-kaki tombol on/off sudah longgar.

3. dudukan patri tombol rusak
kasus seperti ini lebih rumit. dudukan atau tempat patri tombol rusak disebabkan karena kurang berhati-hati ketika menyolder pada saat mengganti tombol yang lama yang rusak dengan tombol baru. menyolder dengan terburu-buru atau melepas patrian tombol ecara paksa dapat menyebabkan plat dudukan tombol pada PCB terangkat bersama kaki tombol yang rusak. jika hal ini terjadi, anda akan kerepotan memasang tombol on/off yang baru.
ketiga kasus diatas dapat mengakibatkan ponsel tidak dapat dinyalakan. sebelum mengatasi kerusakan tombol, ada dua hal yang harus diperhatikan.
pertama ganti karet selubung tombol bila kondisinya sudah longgar. usahakan mengganti dengan dengan karen yang original.
yang kedua diperhatikan ketika mengganti tombol on/off yang rusak. agar tidak merusak plat PCB. lakukan blow untuk melelehkan timah patrian kemudian angkat menggunakan pinset. apabila plat dudukan terlanjur hilang terpaksa mengatasinya dengan jumpering. berikut saya contihkan ponsel Nokia 8310 yang kondisi jalur tombolnya hilang dan jalur on/off terputus. caranya sebagai berikut :
- solder kawat email kekaki tombol on/off, kemudian pada bagian plat yang hilang diberi lem plastik sampai melekat kuat pada PCB.
- lapisi kaki tombol dengan pasta solder, kemudian disolder menggunakan solder filamen.
- pastikan tombol bekerja dengan baik. lakukan pengujian menggunakan multitester. jika tidak ada masalah, lakukan jumpering pada jalur yang terputus. namun jumpering membutuhkan skematik diagram rangkaian resistor-kapasitor yang terhubung dengan tombol. umumnya jalur tombol on/off menuju UEM melalui sebuah komponen resistor-kapasitor sebagai rangkaian biasnya.
- langkat terakhir, lakukan pengecekan ulang jalur-jalur setelah dilakukan jumpering. solusi untuk ponsel lain yang sejenis dengan kasus diatas dapat dilakuak dengan cara yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar